Steam Cheese Cake Bolu Kukus Keju Lembut Mengembang Topping Kurma by Wenny Ang



Steam Cheese Cake Bolu Kukus Keju Lembut Mengembang Topping Kurma
by Wenny Ang

Mertua lagi ultah..pengen buatin kue buat perayaan ultahnya..kalo beli kue di luar itu manisss banget n mungkin bahan2nya yg kita ga tau apa namanya..jadi mending bikin sendiri yg praktis, enak, manis nya bisa kita atur sesuai selera dan pastinya aman buat kantong..hehe..
Resep ini pernah aku coba tanpa SP moms..hasilnya tetap lembut dan ngembang cuma ga selembut dan sengembang kalo qt pake SP..Jadi saran aq klo ada yg mao bikin, pake SP aja sedikit sesuai resep ini..makasii yaaa Teh Yung buat resepnya..
Ini jg aq uda pernah buat untuk ultah suami cm beda topping..hehe..cusss momss resepnya dicobain ^^

Bahan-bahan: 
4 butir telur kocok lepas
125 gr gula pasir halus
1/2 sdt SP
1 sachet susu kental manis vanilla
1 sdt vanilla essence
125 gr tepung terigu serbaguna
3 sdm tepung maizena
100 gr margarin dicairkan
60 gr keju parut
Topping bebas /ga pake jg uda yummy

Langkah:
1. Siapkan bahan2..panaskan kukusan dengan api kecil dan jangan lupa lapisi tutup kukusan dg kain supaya air tdk menetes. Apinya api kecil ya.

2. Mixer telur, gula pasir, sp, vanilla essence, dan susu kental manis selama 10 menit tergantung mixer masing2. Mixernya sampai adonan mengembang, putih dan kental berjejak. Pakai kecepatan tinggi ya moms.

3. Ayak tepung terigu dan tepung maizena. Masukkan ke dalam adonan telur sebanyak 3 tahap. Jadi seperti ini: tepung, aduk, tepung, aduk, tepung, aduk. Aduk nya pelan saja dan sebentar asal tercampur. pakai whisk aja ya. Supaya adonan yang sudah mengembang td tidak turun.

4. Masukkan keju parut lalu aduk pelan lagi. Masukkan yang terakhir margarin cair lalu aduk pelan lagi. Ganti whisk dengan spatula lalu aduk adonan lagi dengan teknik bolak balik. Pastikan smua tercampur rata. Biasanya kalau saya, margarinnya yang musti hati2. Suka agak susa tercampur ratanya.

5. Siapkan loyang. Lalu siapkan jg pelapis loyang supaya mulus dan gampang saat mengeluarkan kue. Siapkan 1 sdm tepung terigu, 1 sdm minyak goreng, 1 sdm margarin lalu aduk rata. Oleskan di loyang. Dijamin kue meluncur dg mulus.

6. Masukkan adonan td ke dlm loyang lalu hentak2 3x.


7. Masukkan ke dalam kukusan yg sudah mendidih. Kukus 40 menit dg api kecil. Foalaaa jadilah kue cantik mengembang sempurna. Topping suka2 ya moms bisa keju, selai strawberry, buah strawberry, buah lainnya, mesis, kurma, masih banyak lagi. Selamat mencoba.


8. Aq modif lg nih moms..sehabis memasukkan margarin, aq tambahin lemon zest..parut kulit lemon pake parutan keju..ga usa pakai airnya..tambahkan ke adonan sekitar 1/2 sdt..itu bikin cakenya punya cita rasa yg beda moms..menurut aq lebih enak..lbh wangi dan ada rasa2 lemonnya..hehe..bisa dicoba moms klo punya stock lemon di kulkas..hehe..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel